Jumat, 28 September 2018

Jenis Makan Yang Mengandung Rendah Kalori Dan Lemak Yang Aman Untuk Menurunkan Berat Badan

Jenis Makan Yang Mengandung Rendah Kalori Dan Lemak Yang Aman Untuk Menurunkan Berat Badan 

Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Jika asupan kalori Anda jauh lebih tinggi dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Cadangan makanan tersebut tersimpan di bawah kulit sehingga akan membuat tubuh Anda terlihat gemuk. 

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa makanan yang tinggi kalori pasti mengenyangkan. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Banyak makanan tinggi kalori yang nyatanya tidak membuat Anda kenyang dan tidak pula dapat menurunkan berat badan anda. 

Sebaliknya, ada juga makanan rendah kalori yang justru membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan rendah kalori dan lemak selain dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting bagi tubuh. 

Berikut ini makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, dianataranya :

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein dan serat yang mampu memberikan efek kenyang dengan kandungan kalori yang rendah. Anda dapat menyajikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat. 

Akan tetapi, pastikan bahwa kacang yang Anda olah tidak melalui proses penggorengan atau penambahan gula dan garam berlebih agar makanan rendah kalori ini tetap memberikan manfaat sehat yang optimal bagi Anda.


2. Sayuran

Sayur kaya akan serat dan memiliki efek mengenyangkan yang lebih baik dari buah-buahan. Gantilah sebagian porsi makanan berat Anda dengan makanan rendah kalori ini. 

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak sayur dalam menyajikan sandwich atau omelette untuk memberikan efek lebih kenyang sekaligus memperkaya kandungan nutrisinya. Selain mengonsumsi sayuran segar, Anda juga bisa mengonsumsi keripik sayur untuk memenuhi kebutuhan serat Anda. 

3. Buah


Buah-buahan dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Cobalah untuk mengonsumsi apel atau melon ,delima yang kaya akan serat. Selain mengenyangkan, makanan rendah kalori ini juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. 

Anda dapat mengganti aneka cemilan tinggi kalori Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat. Jika Anda bosan mengonsumsi buah potong segar, Anda juga bisa mengganti cemilan Anda dengan keripik buah alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar